KONSEP SEHAT

Standard

Dahulu, mungkin orang mengganggap konteks sehat adalah suatu kondisi dimana seseorang itu sedang dalam keadaan tidak sakit dan bisa beraktivitas selayak orang pada umumnya yang lebih mengarah pada fisik atau jasmani.

Pada abad ke-21 sekarang terjadi pergeseran paradigma tentang konep sehat itu sediri, konsep sehat dipandang dengan persfektif yang lebih luas. Luasnya aspek itu meliputi rasa memiliki kekua­saan, hubungan kasih sayang, semangat hidup, jaringan dukungan sosial yang kuat, rasa berarti dalam hidup, atau tingkat kemandirian tertentu.

Pengertian sehat meliputi kesehatan jasmani, rohani, serta sosial dan bukan hanya keadaan bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan.Sehat juga merupakan sebuah keadaan yang tidak hanya terbebas dari penyakit akan tetapi juga meliputi seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi, sosial dan spiritual.
Menurut WHO (1947) Sehat itu sendiri dapat diartikan bahwa suatu keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan (WHO, 1947).

Definisi WHO tentang sehat mempunyai karakteristik berikut yang dapat meningkatkan konsep sehat yang po­sitif (Edelman dan Mandle. 1994):
a. Memperhatikan individu sebagai sebuah sistem yang menyeluruh.
b. Memandang sehat dengan mengidentifikasi ling­kungan internal dan eksternal.
c. Penghargaan terhadap pentingnya peran individu dalam hidup.

Leave a comment